"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

3/24/10

Video Mapping Projection 3 D yang pertama di Indonesia

Sebenarnya, agenda gue yang utama pada sabtu itu (13 Maret 2010) adalah hanya mengunjungi pameran Deep and Extreme Indonesia yang sudah kali ke-3 diselenggarakan di Senayan. Pameran ini khusus menyuguhkan segala hal yang berkaitan dengan olahraga diving (mulai dari perlengkapan scuba diving, spot2 diving yang ada di ...Indonesia, photography underwater dll), water sports, extreme sports, eco tourism dan adventure travel industries...

Lumayan lelah mengitari stand demi stand yang ada, tapi gue dapet info lokasi2 wisata & lokasi diving yang menarik yang mungkin someday bisa gue kunjungi... ;).

Tetapi, sabtu itu gue juga tergelitik untuk mengunjungi Taman Fatahillah di Kotatua Jakarta untuk menyaksikan sebuah acara yang katanya 'spektakuler'. Makanya, sekitar pukul 18.00 WIB gue meninggalkan pameran dan langsung menuju Taman Fatahilah dengan bus Transjakarta atau busway.

Tiba di Taman Fatahillah sekitar pukul 19.00 WIB dan suasana di tempat itu sudah rame bangetttt... Malam itu masyarakat kota Jakarta sepertinya tumpah ruah di Fatahillah untuk menyaksikan perhelatan akbar dari sebuah karya seni 3D yang bertajuk 'Video Mapping Projection'. Alhasil, gue ga kebagian tempat yang strategis untuk ngambil gambar video, hicks...


Sekitar pukul 19.30 WIB acara baru dibuka dengan pidato singkat dari Gubernur DKI Jakarta, Foke. O ya, acara ini juga sekaligus menandai persemian 'Kota Kreatif Jakarta Punya' dan menjadi ajang launching cinderamata 'Jakarta Punya'.

Ketika pertunjukan dimulai, dengan kamera ala kadarnya, gue berusaha ngambil gambar video dari satu sudut. Dan hasilnya... lumayan lah walaupun ga memuaskan...:p
Berhubung hasil video yg gue rekam ga memuaskan, mendingan liat videonya via link di bawah ini yahhh...:D

Video Mapping - Jakarta from D-Fuse on Vimeo.
Adalah inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang bekerjasama dengan British Council dan KADIN untuk menggelar pertunjukan proyeksi video Mapping 3D pertama di Indonesia. Katanya sih perhelatan ini bertujuan untuk mendukung program revitalisasi Kotatua sebagai ruang bermain bagi para pelaku industri kreatif.

Video Mapping Projection yang memakan durasi sekitar 14 menit ini merupakan karya kolaborasi seniman multimedia D-Fuse dari Inggris yang bekerjasama dengan sineas Indonesia. Buat gue, cuma satu kata untuk karya para sineas ini, amazingggggggggg...^^

No comments:

Post a Comment