"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

8/1/10

Ondel-Ondel di Festival Jalan Jaksa

Sabtu itu (31/7) gue menghabiskan sore yang cerah di Jalan Jaksa, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Eitss... di sana  gue bukannya lagi ngecengin bule lho... tapi gue dateng ke sana untuk melihat Festival Seni dan Budaya Jalan Jaksa 2010 yang digagas oleh Pemkot DKI Jakarta.

Nah, buat ente-ente yang belon tau letak Jalan Jaksa, gampang aja ko nyarinya. Ente bisa naik busway (transjakarta) trus turun di halte busway Sarinah. Dari situ, ente tinggal jalan kaki doank ke arah belakang gedung Sarinah. Jalan aja terus sekitar 500m, pasti ntar ketemu jalannya, yang ada tulisan: Jl. Jaksa, di situlah tempat festival ini berlangsung...

Gue tiba di Jalan Jaksa sekitar pkl. 17.00 WIB, di pintu masuk jalan berdiri sebuah panggung yang cukup besar. Di atas panggung tampak beberapa orang penari pria dan wanita berlenggak-lenggok membawakan tarian tradisional betawi. Sementara di depan panggung  beberapa orang fotografer dan kameramen dari beberapa stasiun tv sibuk mengambil gambar para penari tersebut. Gue sendiri ikut-ikutan jadi fotografer dadakan... supaya tulisan di blog gue ada gambarnya... qiqiqi... ;))


Selama berlangsungnya festival (dari hari  Jumat 30/7 - minggu 1/8), Jalan Jaksa ditutup bagi kendaraan. Semua jenis kendaraan bermotor dilarang masuk ke area ini. So, gue bisa leluasa jalan kaki sambil sesekali ngelirik cowok bule yang cakep... hehehe.. ;)

Yang seru, ada sepasang bule (cowok-cewek) turut memeriahkan festival ini dengan berpakaian adat betawi, langsung deh gue minta foto bareng... hahaha... norak dikit ah... ;))

mantafff kan tu bule...:))

Begitu juga saat gue ketemu sama ondel-ondel... norak gue kumat lagi... hagagagaggg =))

narsis bareng ondel-ondel....

O ya, festival tahunan ini  menyajikan wisata kuliner khas betawi. Di sini, gue dengan mudah menemukan abang-abang yang jualan kerak telor.  Gue juga menemukan berbagai macam suvenir, panganan dan minuman khas betawi, mulai dari lontong betawi, roti buaya, tempe mendoan, gula aren, sampai bir pletok...

suasana festival...

Penasaran sama bir pletok, gue langsung membelinya seharga Rp 5 rebu/gelas *beuh..* Bir pletoknya gue minta dipakein es... and rasanya?... mirip minuman jahe atawa sekoteng hehehe... terasa anget di kerongkongan pas gue telen, tapi yang pasti... minuman ini kaga bikin telerrrrrr... :D

berbagai panganan dan suvenir

O ya, festival ini nggak hanya menyajikan wisata kuliner khas betawi tapi juga kuliner dan budaya dari provinsi lain yang ada di Indonesia (nggak semua provinsi yaw... sepengelihatan gue hanya ada beberapa aja...).  Eh... ada lapak fortune teller (tukang ramal) juga lho... :O

kika: pemkot bogor, pemprov kaltim
bawah: tk. ramal

Menurut berita yang sebelumnya gue baca dari beberapa situs berita online, kabarnya festival ini bakal dibuka oleh Bang Kumis alias Foke alias Gubernur DKI Jakarta pada sabtu itu.  Tapi ternyata, Bang Kumis urung dateng...  katanya sih,  digantiin sama Pjs. Walikota Jakarta Pusat. Gue emang nggak ngeliat prosesi pembukaannya, soalnya udah kemaleman, gue udah keburu kabur dari situ hehehe...

Lantas, apa sih istimewanya Jalan Jaksa sampai dibikinin festival segala??? ehm... sepanjang pengetahuan gue, Jalan Jaksa itu sudah sangat terkenal hingga ke manca negara. Yang membuatnya terkenal adalah banyaknya penginapan-penginapan murah (hostel) di sepanjang jalan tersebut. Hostel inilah yang sangat digandrungi oleh para backpacker (terutama wisatawan internasional yang mencari penginapan murah di Jakarta... coz' bule banyak juga yang kere & ngirit lho qiqiqi...)

suasana festival jl. jaksa menjelang malam

Selain hostel, tempat ini juga semarak dengan kehidupan malamnya. Banyak cafe-cafe mungil bertebaran di sepanjang jalan dengan harga yang terjangkau... Satu lagi kelebihan tempat ini, lokasinya sangat strategis, berada di pusat kota Jakarta. Nggak heran kalo Jalan Jaksa sangat diminati turis asing. So, buat ente-ente yang pengen ngasah kemampuan bahasa inggris atawa pengen cari kenalan bule... tempat ini cocok banget dah buat dikunjungi... :D


Salam
ifa abdoel

No comments:

Post a Comment