"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

8/15/17

Antri Paspor Bisa Lewat Aplikasi Google

Eh eh.. ada kabar bagus nih dari kantor Imigrasi..

Sekarang, kalo lau mo memperpanjang atau bikin paspor baru, udah nggak perlu dateng "subuh" lagi buat ngambil nomer antrian lho.. mantaff kan..😃

Usut punya usut.. ternyata kantor Imigrasi sudah membuat aplikasi yang bisa menghindari antrian tak berujung yang biasa terjadi di kantor-kantor pelayanan Imigrasi, khususnya yang ada di Jakarta.
Aplikasi tersebut namanya antrian paspor.
Aplikasi ini bisa lau donlot gratis di google play store.

Buat lau lau pengguna iphone atau os lain (selain android), harus bersabar karena aplikasi antrian paspor belum tersedia. Tapi jangan khawatir, dalam waktu dekat Imigrasi akan mengeluarkan aplikasi berbasis ios kok.. 😉

Trus darimana gue tau soal informasi ini? bodo amat.. itu kali yang ada dipikiran lau ya hehe..
biarin ah.. gue mah orangnya demen cerita 😜

Ceritanya begini..
Alkisah saat libur lebaran gue emang punya niat mau memperpanjang paspor. Pasalnya, paspor gue udah basi aka. expired, sejak September 2016.

Tempat pengambilan nomer antrian di lt.2  Kantor Imigrasi Jakarta Selatan


Pas gue intip tanggalan, disitu tertera cuti bersama 2 hari setelah libur lebaran, dimana menurut asumsi gue, itu artinya PNS sudah masuk kerja 2 hari setelah lebaran, hmm.. polos amat yak mikirnya.. 😜

Jadilah, Kamis (29/6) gue meluncur dengan pedenya ke Kantor Imigrasi Jaksel yang ada di warung buncit. Berhubung pas libur lebaran jalanan di Jakarta ga ada macet-macetnya aka. sepi, gue tiba dengan selamat di kantor Imigrasi hanya dalam waktu 10 menit naek ojek.

Tapi ternyata, nggak cuma jalanannya aja yang sepi, kantor Imigrasinya juga ikut sepi cuy.. lha..
"Jangan-jangan masih pada libur yaks?" kata gue dalam hati, "Harusnya gue telepon dulu kantornya, baru cabs.. ini kepedean amat langsung dateng."

Untungnya kantor Imigrasi ga sepi-sepi amat karena di pintu masuk ada beberapa petugas yang sedang berkumpul. Langsung aja gue samperin dan sok akrab nanya dimana loket perpanjangan paspor. Jawab mereka, "Masih tutup Mbak, buka hari Senin. Sekarang masih libur lebaran."

Whew.. sia sia dong perjalanan gue ke kantor Imigrasi hari itu. Tapi gue nggak mo pulang dengan tangan hampa cuy.."Saya boleh minta formulir perpanjangannya ga Pak? Yang amplop kuning."

"Oo..sekarang sistemnya udah beda Mbak. Mbak harus ambil nomer antrian dulu lewat aplikasi, setelah itu baru dapat formulir."
"Maksudnya aplikasi google Pak?" jawab gue berkerut, ga mudeng.
"Iya Mbak," katanya sambil memberikan selembar brosur berisi informasi tentang aplikasi 'antrian paspor' di google play store.

Hmm..keren juga nih, kalo begini gue nggak perlu dateng subuh lagi ke kantor Imigrasi buat ngambil nomer antrian.

Bentuk aplikasi antrian paspor pada google play store.
(foto : google)

Sesampainya di rumah, gue langsung nyobain app antrian paspor.
Untuk login gue hanya diminta mengisi:
- Nama
- NIK (No. KTP)
- Email
- No. Tlp/HP

Setelah itu akan muncul pilihan kantor imigrasi dan jadwal antrian paspor.

Tapi.. begitu gue  mo milih tanggal  available, semua tanggal di bulan itu (Juli-red) nggak bisa diklik. Dan setiap gue mo milih tanggal available, tertulis "tidak tersedia atau penuh."

"Lha.. kenapa ga bisa diakses?" kata gue dalam hati. "Apa mungkin karena sekarang masih libur lebaran ya, jadinya aplikasi ga bisa dipake?"
Dan.. gue pun memutuskan untuk menunggu sampai libur lebaran usai.

Bener aja.. Senen (3/7) pas gue coba lagi, it works! gue langsung dapet nomer antrian paspor di hari Rabu (5/7) pkl. 13-15 wib. Huaa... seneng bangett.. ga perlu dateng subuh lagii.. 😄

Saking senengnya, berkali-kali gue ngeliatin jadwal antrian di hp. Rasanya takjub banget haha.. #norakMODEon
Eits.. jangan girang dulu, ternyata gue salah klik kantor imigrasi cuy.. 😧
yang gue klik kantor Imigrasi yang di Pondok Pinang, which is jauh dari rumah gue, bahaha... dodoll bangett.. 😅

Akhirnya, gue  buka lagi aplikasi antrian paspor dan kali ini nge-klik kantor Imigrasi Jakarta Selatan yang di Warung Buncit, deket rumah gue.. 😁
Done! gue dapat antrian di hari Senin (10/7) jam 14-15 WIB, berikut bar code-nya, yeayy.. 😃
Bar code ini yang nantinya harus ditunjukkan ke petugas pada saat mengambil nomer antrian di kantor Imigrasi.

FYI:
Untuk saat ini, penggunaan aplikasi antrian paspor hanya untuk kantor Imigrasi Jakarta Selatan aja, Selain kantor Imigrasi Jakarta Selatan blom bisa yaa.. 😉

Berikut alamat kantor Imigrasi Jakarta Selatan:

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus
Jl. Warung Buncit Raya, No. 207, RT/RW 001/001, Kel. Duren Tiga, Kec. Pancoran, Jakarta-Selatan, DKI Jakarta, 12760.
(021)79170912, 79170910.

Unit Layanan Paspor Wilayah I
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus
Jl. Ciputat Raya, No. 27, RT/RW 005/006, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta-Selatan.
(021)7650719, 7650715

Unit Layanan Paspor Wilayah II
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus
Jl. Karangg Tengah Blok B/I No. 8H, Kel. Lebak Bulus, Kec. Cilandak, Jakarta-Selatan.
(021)29237049

Hari H

Akhirnya, hari yang gue tunggu-tunggu untuk perpanjangan paspor pun tiba. Senin siang, sesuai jadwal, gue tiba di kantor Imigrasi Jakarta Selatan di Jl. Warung Buncit, tepat pkl 14 WIB.

Ruang tunggu di lantai 2, Kantor Imigrasi Jakarta Selatan

Untuk pengurusan pembuatan paspor baru atau perpanjangan paspor ada di lantai 2. Di situ ada petugas yang bertugas memberikan nomer antrian dan amplop kuning berisi formulir pembuatan paspor baru.

Setelah melapor ke petugas dengan menunjukkan bar code pada layar hp,  gue dikasih nomer antrian. Lau tau gue dapet nomer antrian berapa? 102..!! 😥
Alhasil gue kudu antri lamaa.. nunggu giliran 😭

Tips:

  • Tetap datang lebih awal (pagi-pagi), tapi jangan pas subuh juga yak.. agar mendapatkan nomer antrian 01.
  • Untuk lo yang mo memperpanjang paspor, cukup menyiapkan foto kopi KTP dan paspor lama aja. Jangan lupa dokumen aslinya juga dibawa (KTP dan paspor lama). Foto kopi semua dokumen dikertas ukuran A4, jangan digunting.

Waktu menunjukkan pkl. 16.40 WIB saat gue memandang ke sekeliling, tinggal 5 orang aja yang tersisa di ruang itu. Akhirnya, sekitar 10 menit kemudian nomer gue pun dipanggil.. 😥

Proses perpanjangan paspor lebih ringkas dan cepat. Dua orang petugas imigrasi melayani dengan cukup ramah. Satu petugas mengecek kelengkapan formulir dan data, serta melakukan interview singkat. Satu nya lagi mengambil foto, dan sidik jari. Butuh waktu sekitar 10-15 menit, semua proses perpanjangan paspor selesai! 😁

Oiya, gue dikasih kebebasan milih mo perpanjang paspor biasa atau e-paspor. Berhubung harga e-paspor lebih mahal (2x lipat) dari paspor biasa. Akhirnya gue pilih paspor biasa aja (48 halaman).. 😜

Setelah semua proses selesai, gue dikasih selembar kertas yang isinya sejenis slip pembayaran atas biaya perpanjangan paspor. Biaya yang harus gue keluarkan sebesar:

  • Biaya paspor Rp. 300 rebu
  • Jasa TI Biometrik Rp. 55 rebu

Pembayaran paspor paling lambat 7 hari kerja pada bank/pos persepsi.
Pengambilan paspor 3 hari kerja setelah melakukan pembayaran.
Apabila pemohon tidak datang kembali dalam 30 hari, sejak tanggal pemohon, permohonan dinyatakan batal.
Tanda terima harus dibawa bersama dengan tanda bukti pembayaran untuk mendapatkan paspor.

Daftar bank persepsi yang melayani pembayaran paspor

Setelah  melakukan pembayaran di keesokan harinya, Selasa (11/7), gue kudu nunggu selama 3 hari untuk mengambil paspor. Menurut perhitungan gue, hari Jumat (14/7) paspor udah bisa gue ambil.

Benar saja, di hari Jumat, paspor udah bisa gue ambil. Gue bisa tau paspor udah jadi lewat layanan Whatsapp Gateaway Service (WAGS) kantor Imigrasi Jakarta Selatan.
Jadi nih ya.. kita bisa wa ke no. 081381710123, untuk mengetahui apakah paspor kita udah jadi atau belom..

Karena gue ga bisa dateng ke kantor Imigrasi di hari Jumat, akhirnya paspor gue ambil di hari Senin.
Ini dia penampakkannya.. tadaaa.. 😄

(atas) penampakan paspor lama dan baru. (bawah) gambar-gambar indah di halaman paspor 💕

So.. buat kamu.. iya kamu.. yang mo perpanjang paspor, jangan pake calo lagi yee.. Dateng aja langsung ke kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Sistemnya udah kece kok cuy..  transparan, modern, hemat waktu dan biaya.. 😊


Salam
Ifa Abdoel

No comments:

Post a Comment